Smile Train Indonesia SmileTrain.org

Problem

Kelahiran Sumbing

Setiap tahun ada 8,900 bayi di Indonesia yang lahir sumbing. Lebih dari 50% dari mereka tidak mendapatkan penanganan karena mereka tidak tahu bahwa sumbing bisa diperbaiki – dan gratis, atau bahkan kurang mampu untuk membiayai transportasi ke rumah sakit.

Sumbing terjadi ketika jaringan lunak tengah tidak menyatu pada masa perkembangan janin. Sumbing bisa melibatkan mulut, langit-langit mulut, dan jaringan lunak di bagian belakang mulut.

Sumbing merupakan cacat lahir bawaan nomor 1 yang terjadi di negara-negara berkembang.

Celah Bibir

Celah bibir dapat ditemui dengan tingkat keparahan dan kecacatan yang bervariasi. Pada beberapa kasus bisa hanya berupa torehan kecil di bagian merah pada bibir atas, hingga bahkan melibatkan pemisahan total sepanjang bibir sampai ke hidung. Celah bibir dapat berupa celah tunggal (yang dikenal dengan nama celah unilateral), atau celah ganda (bilateral). Celah tersebut selalu terdapat di bibir bagian atas.

Celah Langit-langit

Celah langit-langit dapat bervariasi mulai dari lubang kecil di bagian belakang langit-langit mulut sampai dengan rongga besar yang terbuka mulai dari bagian depan sampai belakang rongga mulut.

Follow Natsir, as he travels throughout the island of Sulawesi searching for cleft patients.

Smile Train works only with local doctors and hospitals in Indonesia, helping them treat children in their own communities. Read more >